Perencanaan Wilayah dan Kota
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) merupakan salah satu program studi yang dimiliki oleh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Program Studi ini berada dalam naungan Fakultas Teknik. Jurusan yang sering disebut sebagai planologi ini mempelajari tentang masalah-masalah perkotaan, serta melakukan perencanaan, perancangan dan penataan pada sebuah kota. Tak hanya belajar tentang ilmu-ilmu keteknikan, PWK juga turut belajar tentang ekonomi, sosial-budaya, geografi, geologi, hidrologi, statistika, serta informatika. Lulusan dari program studi ini akan bergelar Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (S.PWK) yang diharapkan mampu menjawab tantangan pada masalah perkotaan yang ada.

Perencanaan Wilayah dan Kota dibentuk pada tahun akademik 1998/1999 berdasarkan SK Dirjen DIKTI - DEPDIKBUD Republik Indonesia No.47/D/O/1998 tentang Penggabungan (merger) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Surabaya dan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Adi Buana Surabaya. Selanjutnya, legalitas penyelenggaraan program studi yang kedua diperoleh melalui Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi No.4516/D/T/2008 dari Dirjen DIKTI Depdiknas pada tanggal 18 Desember 2008. Terhitung sejak tahun 2003, PWK Universitas PGRI Adi Buana Surabaya telah menghasilkan lulusan di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. 

Hingga kini, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota terus berbenah dan menyesuaikan diri terhadap berbagai permasalahan dan tantangan global. Perencanaan Wilayah dan Kota juga telah terakreditasi oleh BAN-PT pada SK BAN-PT Nomor: 462/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 sebagai program studi S1 PWK yang berakreditasi B. Berbagai kegiatan pembelajaran yang efektif dan inovatif, belajar di luar kelas, hingga keaktifan mahasiswa PWK. Fasilitas penunjang seperti Studi PWK, laboratorium komputer juga disediakan guna memfasilitasi mahasiswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi Perencanaan Wilayah dan Kota yang terus berkembang menjadi lebih baik.