Dalam rangka memenuhi angenda tahunan yang di lakukan oleh Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas PGRI ADIBUANA melakukan kunjungan  ke Gedung  DPRD Jawa Timur sekaligus ikut serta dalam “Rapat Sidang Paripurna Masa Persidangan III Tahun 2019 untuk membahas “Jawaban Esekutif atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Raperda tentang APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2020”

Persidangan yang berlangsung pada tanggal 11 November 2019 dengan durasi waktu sekitar 2 jam ini di pimpin langsung oleh wakil ketua DPRD Provinsi Jatim dan juga Gubernur Provinsi Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawangsa, M.Si. berserta dengan Wakil Gubernur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. yang dimana di hadiri oleh 69 orang anggota DPRD dari 118 orang, dan 22 (dua puluh dua ) Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universeitas PGRI Adi Buana Surabaya. Kita patut bangga bahwa kegiatan kunjungan tersebut merupakan agenda yang telah dilakukan oleh Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UNIPA Surabaya dari tahun ke tahun.. Dalam mengawali pidato yang di baca langsung oleh Bu Khofifah adalah sedikit membahas mengenai peringatan Hari Pahlawan yang digunakan untuk meningkatkan tekat parapahlawan, yang mempunyai makna filosofis aku pahlawan masa kini dengan cara berlomba-lomba untuk berprestasi membanggakan Indonesia, “Ujar Ibu Khofifah”.

Untuk Isi dari rapat selanjutnya adalah merupakan hasil pandangan, usulan, dan rekomendasi dari seluruh fraksi-fraksi tentang Raperda APBD Provinsi Jawa Timur yang telah di bahas pada sidang 4 November 2019 lalu dengan itu sidang ini layak di bahas lanjut untuk meningkatkan mutu dan untuk perbaiakan pembangunan di Jawa Timur. Selain itu ibu Khofifah juga menyampaikan jawaban dan juga penyataan yang sesuai dengan pertanyaan pada rapat sebelumnya (4 November 2019) yang dimana di sajikan dalam 20 dokumen yang beliau bacakan. (Sidang 11 November 2019).

Setelah sidang paripurna selesai agenda selanjutnya iyalah berdiskusi dengan bapak Dr. H.M. Noer Soetjipto, SP, SE, MM. yang di mana beliau adalah dapil JATIM VII fraksi Gerindra dalam bidang pertania beliua banyak sekali memberi motifasi juga ilmu baru dalam meningkatkan perekonomian yang ada di jatim, selain itu juga beliau bercerita mengenai ketertarikannya pada bidang perternakan dimana beliau dengan 2 orang sahabatnya menemukan inofasi baru untuk meningkatkan jumlah sapi di jatim, meski banyak sekali rintangan beliau tidak pernah menyerah bahkan beliau berkata “masih tidak puas dengan hasil yang sekarang” beliau masih ingin meningkatkan jumlah ternak sapi di jatim agar dapat mengurangi jumlah daging inpor dari luar negeri

Dalam kegiatan ini mahasiswa/mahasiswi Perencanaan Wilayah dan Kota UNIPA patut berbangga hati karena dapat partisipasi dalam mengikuti agenda yang di lakukan oleh DPRD Provinsi Jawa Timur hal ini di karenakan keterkaitannya dengan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang membahas tema mengenai APBD dalam pembangunan berkelanjutan untuk mensejahterakan masyarakat maupun Provinsi Jawa Timur sendiri.